Menelaah konsep dasar tentang sekolah
sebagai ekosistem, Pendekatan Berbasis Kekurangan dan Pendekatan Berbasis Aset,
Sejarah Singkat Pendekatan Asset-Based
Community Development, dan aset-aset dalam sebuah komunitas.
1. Apabila kita menganggap sebuah sekolah
adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya,
maka faktor-faktor apa saja yang
termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?
Faktor biotik: Kepala
Sekolah, Guru, Murid, dan seluruh Tenaga Kependidikan di sekolah. Faktor
abiotik adalah sarana prasarana sekolah, Kurikulum sekolah, Pembiayaan Sekolah.
2. Bagaimanakah seharusnya seorang kepala
sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?
Kepala sekolah harus
mempunyai kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, Kompetensi
Kewirausahaan, Kompetensi Supervisi dan Kompetensi Sosial. Dengan penguasaan
pada lima kompetensi tersebut maka seorang Kepala sekolah akan mampu mengelola
ekosistem sekolahnya dengan baik.
3. Kemampuan apa saja yang harus dimiliki
oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah?
Kepala sekolah harus
mempunyai kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, Kompetensi
Kewirausahaan, Kompetensi Supervisi dan Kompetensi Sosial.
4. Apa yang harus dilakukan oleh seorang
kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?
Pemimpin yang ideal
adalah pemimpin yang bisa menjadi teladan bagi seluruh warga sekolah, memenuhi
kebutuhan peserta didik untuk mendukung pembelajaran, terbuka terhadap kritik,
saran dan perubahan, mempunyai kemampuan manajerial yang baik dan menjadi pengayom
bagi seluruh warga sekolah. Dengan demikian maka kepala sekolah akan mampu
mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien.
5. Seberapa besar dampak sumber daya
(fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid
saat ini? Jelaskan!
Dampak fasilitas yang
dimiliki sekolah adalah untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang berpihak
pada murid agar efektif dan efisien. Dengan sarana prasarana yang lengkap, guru
bisa menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dan bisa meningkatkan daya tarik
pada murid untuk mengikuti pembelajaran, murid menjadi bersemangat dan tidak
merasa bosan karena kegiatan pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dengan
tersedianya media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan
murid.
6. Sejauh mana sumber daya sekolah yang
kita miliki sudah kita gunakan secara efektif untuk mendukung kualitas
pembelajaran di sekolah? Jelaskan!
Sumber daya sekolah
dapat membantu guru menciptakan media-media pembelajaran yang menarik dan
beraneka ragam untuk memfasilitasi berbagai preferensi gaya belajar murid,
minat dan kebutuhan belajar murid.
7.
Adakah cara alternatif yang bisa kita
lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan
kualitas pembelajaran murid?
Cara alternatif untuk
memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas
pembelajaran murid adalah dengan melibatkan peserta didik untuk membuat media
pembelajaran menggunakan sumber daya yang ada di sekolah.
8.
Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang
ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?
Sekolah sudah memanfaatkan apa yang
ada di lingkungan sekitar, misalnya pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk
membaca peserta didik. Shalat berjamaah di mushola secara bergantian. Memanfaatkan
sarana dan prasarana olahraga. Lingkungan sekitar juga bisa dimanfaatkan untuk
pembelajaran dimana murid bisa mendeskripsikan lingkungan sekolah.
Mari bersama-sama belajar mewujudkan kepemimpinan pembelajaran yang mampu mengelola aset-aset secara optimal dengan tetap mengedepankan keberpihakan pada murid.
ReplyDelete