1. Ketika guru menekankan upaya agar peserta didik mencapai suatu pemahaman dan kesadaran yang tinggi akan terjadinya perubahan atau transformasi budaya dalam lingkungan sosialnya merupakan belajar …
a. emansipatori
b. teoretis
c. mandiri
d. teknis
e. praktis
Jawaban:
a. emansipatori
2. Pak
Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi
peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga,
seperti ada yang berasal dari keluarga mampu, kurang mampu, yang orang tuanya
menjadi pejabat atau sebagai buruh atau pegawai swasta. Namun Pak Adit
memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini
sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama ….
a. motivasi
b. kultural
c. status
sosial
d. etnik
e. minat
Jawaban:
c. status sosial
3. Negara
menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing
dan untuk beribadat menurut agamnya dan kepercayaannya itu.
Hal
ini tercantum dalam ....
a. UUD
1945 Pasal 30 ayat 4
b. UUD
1945 Pasal 28 ayat 1
c. UUD
1945 Pasal 30 ayat 2
d. UUD
1945 Pasal 29 ayat 2
e. UUD
1945 Pasal 29 ayat 1
Jawaban:
d. UUD 1945 Pasal 29 ayat 2
4. Menurut
Desminta (2014), potensi dibedakan menjadi potensi fisik dan potensi psikologis.
Yang bukan merupakan potensi psikologis adalah ….
a. ketahanan
b. kecerdasan
c. bakat
(aptitude)
d. kreativitas
e. inteligensi
(intelligence)
Jawaban: a. ketahanan
5. Untuk
menilai peserta didik dalam memahami paragraf, guru meminta peserta didik
menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik penilaian
apakah yang sebaiknya dilakukan oleh guru?
a. Tes
lisan.
b. Observasi.
c. Penilaian
praktik.
d. Tes
tertulis.
e. Penilaian
produk
Jawaban: d. Tes tertulis
No comments:
Post a Comment
Silakan jika anda ingin komentar