Sunday, September 20, 2020

RPP DARING KELAS 5 TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Satuan Pendidikan      : SDN KETAWANGREJO

Kelas / Semester         :  5 /1

Tema                           :  Sehat Itu Penting ( Tema 4)

Sub Tema                    :  Peredaran Darahku Sehat (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu         :  IPA, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke         :  1

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

 

Muatan : IPA

No

Kompetensi

Indikator

3. 4

Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.

 

3.4.1 Menyebutkan peredaran darah dan

fungsinya pada manusia.

3.4.2 Menunjukkan cara-cara

memelihara kesehatan organ manusia.

4.4

Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.

4.4.1 Membuat gambar organ peredaran

darah pada mausia.

 

Muatan : Bahasa Indonesia

No

Kompetensi

Indikator

3.6 

Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

 

3.6.1 Menjelaskan tentang pengertian

pantun.

3.6.1 Menyebutkan unsur-unsur yang

terdapat dalam pantun.

4.6 

Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

1.6.1     Mengetahui cara-cara membuat

pantun dengan benar.

C.    TUJUAN

  1. Setelah mengamati video pembelajaran tentang peredaran darah manusia, siswa mampu menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia secara rinci.
  2. Setelah mengamati video pembelajaran tentang peredaran darah manusia, siswa mampu menunjukkan cara-cara memelihara kesehatan organ manusia.
  3. Setelah mengamati video pembelajaran tentang peredaran darah manusia, siswa dapat menggambar cara kerja organ peredaran darah manusia secara rinci.
  4. Setelah mengamati video pembelajaran tentang pantun, siswa dapat menjelaskan pengertian pantun dengan tepat.
  5. Setelah mengamati video tentang pantun, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dan ciri-ciri pantun dengan tepat.
  6. Setelah mengamati video tentang pantun, siswa dapat membuat pantun dengan tema tertentu, lalu menunjukkan unsur-unsur pantun yang dibuat dengan benar. (Degree)

 

D.    MATERI

  1. Organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia.
  2. Ciri-ciri pantun.

 

E.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan          : Scientific

Metode                : Penugasan, pengamatan, tanya jawab

 

F.     SUMBER DAN  MEDIA

  1. Buku Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
  2. Google form
  3. Whatsapp
  4. Video tentang peredaran darah pada manusia pada alamat https://forms.gle/o67jLxjXrM283aZY7

 

 

G    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pembukaan

¡  Guru menyapa siswa kemudian dilanjutkan dengan berdoa bersama siswa melalui WAG. (Religius, PPK)

¡  Siswa membaca pesan dari guru melalui WAG tentang pembelajaran hari ini.

¡  Siswa menggunakan absen melalui google form pada alamat https://forms.gle/o67jLxjXrM283aZY7

¡  Siswa mengakses video kemudian mengamati pada alamat  youtube

https://www.youtube.com/watch?v=xiHPMqNOtzA

tentang peredaran darah manusia.

¡  Siswa mendengarkan apersepsi pada video tentang langkah-langkah pembelajaran. (Apersepsi)

¡  Guru memotivasi siswa melalui tayangan video melalui WAG. (Motivasi)

3 menit

Inti

Langkah-Langkah Pembelajaran:

Ø Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi peredaran darah pada manusia yang disimak dari video.

Ø Siswa diminta mengamati bagian-bagian jantung yang terlibat dalam proses peredaran darah pada video.

Ø Di dalam video, guru menjelaskan kepada siswa bahwa peredaran darah pada manusia ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

Ø Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi pantun yang disimak dari video.

Ø Siswa diminta mengamati bagian-bagian dan ciri-ciri pantun pada video.

Ø Penugasan:

1.)     Siswa mengerjakan tugas melalui google form yang sudah dishare guru di WAG. (Psikomotor)

2.)     Siswa menggambar cara kerja organ peredaran darah manusia secara rinci pada buku gambar di rumah dan melaporkan kepada guru jika sudah selesai.

3.)     Setelah siswa mengetahui tentang pantun, siswa diminta untuk membuat pantun di rumah pada buku tulis masing-masing dan melaporkan kepada guru jika sudah selesai.

5 menit

 

Penutup

¡  Siswa menyaksikan refleksi dan evaluasi pembelajaran pada video.

¡  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

2 menit

H.    PENILAIAN

  1. Pengamatan Sikap                  : Pengamatan guru melalui aktivitas WAG dan rubrik penilaian sikap
  2. Penilaian Pengetahuan           : tes pada google form
  3. Penilaian Keterampilan          : unjuk kerja membuat pantun

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

........................................

NIP. ...............

Ketawangrejo, ……………..

 

Guru Kelas V

 

 

 

........................................

NIP. ...............

 

2 comments:

  1. Luar Biasa Bu Rina... Sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. Aamiin. Terima kasih Pak Jons. Semoga sukses selalu juga buat Pak Jons

    ReplyDelete

Silakan jika anda ingin komentar

Siswa Kelas IV SD Negeri Ketawangrejo Membuat Gatungan Kunci

Siswa Kelas IV SD Negeri Ketawangrejo Membuat Gatungan Kunci (19-3-2024) Mereka membuat gantungan kunci dari tali kor dan ring. SEMANGAT ...