Soal
dan Pembahasan Teori Belajar Humanistik
1. Dibawah
ini adalah pandangan Kolb tentang tahapan belajar, kecuali . . .
A.
Tahap pengalaman konkret
B.
Tahap eksperimentasi aktif
C.
Tahap konseptualisasi
D.
Tahap pengalaman abstrak
Jawaban
: D
2. Ciri
khas pembelajaran dengan pendekatan teori humanistik adalah anak diajak
berpikir secara . . .
A.
Induktif
B.
Deduktif
C.
Koordinatif
D.
Komprehensif
Jawaban
: A
3. Menurut
Ausbel, makna meaningful learning adalah . . .
A.
Pembelajaran harus memiliki makna bagi peserta didik
B.
Pembelajaran yang dilakukan harus menghubungkan antara materi yang akan
dipelajari dengan pengalaman yang dimilikinya.
C.
Pembelajaran hendaknya bersifat student centered
D.
Pembelajaran menggunakan pendekatan yang manusiawi
Jawaban
: B
4. Dibawah
ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali . . .
A.
Belajar teknis
B.
Belajar praktis
C.
Belajar aktif
D.
Belajar emansipatoris
Jawaban
: C
5. Menurut
Kolb, seseorang yang sudah mulai berupaya untuk membuat abstraksi,
mengembangkan konsep, hukum atau prosedur dalam belajar termasuk ke dalam tahap
. . .
A.
Pengalaman konkret
B.
Eksperimentasi aktif
C.
Konseptualisasi
D.
Pengalaman abstrak
Jawaban
: C
6. Peserta
didik yang kritis, suka menganalisis, selalu berpikir rasional dalam kegiatan
belajar termasuk ke dalam kelompok . . .
A.
Konsepsi
B.
Aktifis
C.
Reflektor
D.
Teoris
Jawaban
: D
7. Dibawah
ini adalah penggolongan orang belajar menurut Honey dan Mumford, kecuali . . .
A.
Kelompok konsepsi
B.
Kelompok aktifis
C.
Kelompok reflektor
D.
Kelompok teoris
Jawaban
: A
8. Peserta
didik yang senang melibatkan diri dan berpastisipasi aktif dalam kegiatan
belajar termasuk ke dalam kelompok . . .
A.
Konsepsi
B.
Aktifis
C.
Reflektor
D.
Teoris
Jawaban
: B
No comments:
Post a Comment
Silakan jika anda ingin komentar