Saturday, March 27, 2021

Soal dan Jawaban Try Out (TO) SIM PKB Guru Kelas Seri PPPK Guru SD Part 3

1.   Guru mempelajari latar belakang masalah, seluk beluk, dan permasalahan peserta didik. Ketika guru memberikan informasi atau pengetahuan yang memadai kepada peserta didiknya. Maka hal ini merupakan tahapan kreativitas dalam ….

           a. iluminasi

    b. verifikasi 

    c. inkubasi 

    d. persiapan meletakkan dasar 

    e. produksi 

Jawaban: d. persiapan meletakkan dasar


2.   Gaya belajar peserta didik dalam suatu kelas sangat beragam. Ada yang visual, auditory, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu menggunakan ..

     a.    Media audio, video, dan percobaan

b.   Modul, buku, dan percobaan

c.   Media komik pembelajaran, tanya jawab, dan buku

d.   Metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab

e.   Program audio, buku, dan modul

Jawaban: a. Media audio, video, dan percobaan


3.   Berikut ini merupakan makna Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 Alenia II adalah ….

a.   memuat cita-cita negara Indonesia

b.   penjajahan harus dihapuskan

c.   kemerdekaan adalah hak segala bangsa

d.   sikap spiritual dan religius

e.   pernyataan kemerdekaan

Jawaban: a. memuat cita-cita negara Indonesia


4.   Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul dalam kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai ….

a.   critical thinking

b.   transfer knowledge

c.   creative thinking

d.   problem solving

e.   management thinking

Jawaban d. problem solving

Brookhart (2010) memamparkan jenis HOTS terdiri dari tiga kategori, yaitu HOTS sebagai transfer (HOTS as transfer), HOTS sebagai berpikir kritis (HOTS as critical thinking), dan HOTS sebagai pemecahan masalah (HOTS as problem solving). HOTS sebagai transfer didefenisikan sebagai keterampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dikembangkan dalam pembelajaran pada konteks yang baru. HOTS sebagai transfer mencakup keterampilan menganalisis (anaylizing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating). HOTS sebagai berpikir kritis didefenisikan sebagai keterampilan memberikan penilaian yang bijak dan mengkritisi sesuatu menggunakan alasan logis dan ilmiah. HOTS sebagai pemecahan masalah didefinisikan sebagai keterampilan mengidentifikasi masalah dan menyelesaikan masalah menggunakan strategi nonautomatic. Dengan kemampuan ini, siswa akan mampu menyelesaikan permasalahan mereka sendiri dan bekerja dengan lebih efektif.


5.   Dalam pergaulan di masyarakat terdapat ketulusan, kesiapan, dan ketegaran untuk mengerti dan menerima kekurangan sekaligus mensyukuri kelebihan diri sendiri maupun orang lain. Pernyataan di atas merupakan penerapan prinsip harmonisasi sosial dalam hal .…

a.   saling pengertiaan

b.   kerjasama

c.   kesataraan

d.   keadilan

e.   toleransi

Jawaban: a. saling pengertian


6.   Suatu keadaan masyarakat yang anggotanya saling berhubungan secara baik dan saling menghargai satu sama lain, sejalan dan serasi dengan tujuan masyarakatnya disebut ….

a.   keharmonisan masyarakat

b.   harmonisasi sosial

c.   keseimbangan sosial

d.   keserasian masyarakat

e.   keragaman sosial

Jawaban: b. harmonisasi sosial


Baca Juga Soal dan Jawaban Try Out (TO) SIM PKB Guru Kelas Seri PPPK Guru SD Part 1

Baca Juga Soal dan Jawaban Try Out (TO) SIM PKB Guru Kelas Seri PPPK Guru SD Part 2












No comments:

Post a Comment

Silakan jika anda ingin komentar

Siswa Kelas IV SD Negeri Ketawangrejo Membuat Gatungan Kunci

Siswa Kelas IV SD Negeri Ketawangrejo Membuat Gatungan Kunci (19-3-2024) Mereka membuat gantungan kunci dari tali kor dan ring. SEMANGAT ...