1. Guru mempelajari latar belakang masalah, seluk beluk, dan permasalahan peserta didik. Ketika guru memberikan informasi atau pengetahuan yang memadai kepada peserta didiknya. Maka hal ini merupakan tahapan kreativitas dalam ….
a. iluminasi
b. verifikasi
c. inkubasi
d. persiapan meletakkan dasar
e. produksi
Jawaban: d. persiapan meletakkan
dasar
2. Gaya belajar peserta didik dalam suatu kelas sangat beragam. Ada yang visual, auditory, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu menggunakan ..
a. Media audio, video, dan percobaan
b. Modul,
buku, dan percobaan
c. Media
komik pembelajaran, tanya jawab, dan buku
d. Metode
ceramah, diskusi, dan tanya jawab
e. Program
audio, buku, dan modul
Jawaban: a. Media audio, video, dan
percobaan
3. Berikut
ini merupakan makna Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 Alenia II adalah ….
a. memuat
cita-cita negara Indonesia
b. penjajahan
harus dihapuskan
c. kemerdekaan
adalah hak segala bangsa
d. sikap
spiritual dan religius
e. pernyataan
kemerdekaan
Jawaban: a. memuat cita-cita negara
Indonesia
4. Keterampilan
berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan
untuk dapat memecahkan masalah yang muncul dalam kehidupan sehari-hari
merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai ….
a. critical thinking
b. transfer knowledge
c. creative thinking
d. problem solving
e. management thinking
Jawaban d. problem solving
Brookhart
(2010) memamparkan jenis HOTS terdiri dari tiga kategori, yaitu HOTS sebagai
transfer (HOTS as transfer), HOTS sebagai berpikir kritis (HOTS as critical
thinking), dan HOTS sebagai pemecahan masalah (HOTS as problem solving). HOTS
sebagai transfer didefenisikan sebagai keterampilan untuk mengaplikasikan
pengetahuan dan keterampilan yang sudah dikembangkan dalam pembelajaran pada
konteks yang baru. HOTS sebagai transfer mencakup keterampilan menganalisis
(anaylizing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating). HOTS sebagai
berpikir kritis didefenisikan sebagai keterampilan memberikan penilaian yang
bijak dan mengkritisi sesuatu menggunakan alasan logis dan ilmiah. HOTS sebagai
pemecahan masalah didefinisikan sebagai keterampilan mengidentifikasi masalah
dan menyelesaikan masalah menggunakan strategi nonautomatic. Dengan kemampuan
ini, siswa akan mampu menyelesaikan permasalahan mereka sendiri dan bekerja
dengan lebih efektif.
5. Dalam
pergaulan di masyarakat terdapat ketulusan, kesiapan, dan ketegaran untuk
mengerti dan menerima kekurangan sekaligus mensyukuri kelebihan diri sendiri
maupun orang lain. Pernyataan di atas merupakan penerapan prinsip harmonisasi
sosial dalam hal .…
a. saling
pengertiaan
b. kerjasama
c. kesataraan
d. keadilan
e. toleransi
Jawaban: a. saling pengertian
6. Suatu
keadaan masyarakat yang anggotanya saling berhubungan secara baik dan saling
menghargai satu sama lain, sejalan dan serasi dengan tujuan masyarakatnya
disebut ….
a. keharmonisan
masyarakat
b. harmonisasi
sosial
c. keseimbangan
sosial
d. keserasian
masyarakat
e. keragaman
sosial
Jawaban: b. harmonisasi sosial
Baca Juga Soal dan Jawaban Try Out (TO) SIM PKB Guru Kelas Seri PPPK Guru SD Part 1
Baca Juga Soal dan Jawaban Try Out (TO) SIM PKB Guru Kelas Seri PPPK Guru SD Part 2
No comments:
Post a Comment
Silakan jika anda ingin komentar