Tuesday, November 14, 2023

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.2 Gaya Round Robin


Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.2
Gaya Round Robin


Rinarustin Widiastuti
CGP Angkatan 9 Kabupaten Purworejo


Pada Jurnal Refleksi Mingguan modul 2.2 ini saya mengambil model ke 9 yaitu Gaya Round Robin. Beberapa panduan pertanyaan untuk membuat refleksi gaya round robin yaitu:

  1. Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya?
  2. Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?
  3. Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan!

 1.    Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda   merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya?

💕 Tanggal 3-16 November 2023 merupakan jadwal Modul 2.2 (PSE), Mengenai hubungan kompetensi sosial dan emosional dengan peran saya sebagai pendidik dan dengan pembelajaran murid.

💕  Pada modul ini saya menguasai tentang pembelajaran sosial dan emosional, kompetensi sosial dan emosional, kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 kompetensi sosial dan emosional serta implementasi pelaksanaan pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah.

Adapun implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah dapat diberikan melalui :

1)      Pengajaran eksplisit

2)      Integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik

3)      Menciptakan iklim kelas dan budaya sekolah

4) Penguatan kompetensi sosial dan emosional Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di sekolah

5 kompetensi sosial dan emosional yang harus dikuasai,yaitu:

1)      Kesadaran diri

2)      Manajemen diri

3)      Kesadaran sosial

4)      Keterampilan berelasi

5)      Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab 

Konsep Pembelajaran Sosial dan Emosional ini, saya merasa sudah bertambah dalam memahami materi karena di modul ini saya dan teman-teman CGP melakukan refleksi pengalaman kami masing-masing terkait kompetensi sosial dan emosional (Mulai dari diri tanggal 3 November 2023). Dilanjutkan dengan mengeksplor konsep secara mandiri dan diskusi pada tanggal 3-7 November 2023, dengan mempelajari konsep pembelajaran sosial dan emosional dengan kerangka kerja CASEL dan implementasinya.

Pada tanggal 8-9 November 2023, kami berdiskusi dalam kelompok dan mempresentasikannya dalam Ruang Kolaborasi. Di tahap ini, kami satu kelompok CGP berdiskusi tentang contoh ide penerapan 5 kompetensi sosial dan emosional bagi murid dan rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah. Setiap CGP mengutarakan ide-ide yang bisa diterapkan di kelas dan sekolah bersama fasilitator Bapak Arsyad Riyadi membuat pemahaman saya terhadap pembelajaran sosial dan emosional semakin baik. Setelah itu dilanjutkan dengan Ruang Kolaborasi 2 dan unggah tugas Ruang Kolaborasi modul 2.2.

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1

Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2

Setelah mendapat penguatan di Ruang Kolaborasi, saya melanjutkan mengerjakan tugas mendemonstrasikan pemahaman dalam bentuk Demonstrasi Kontekstual dengan membuat RPP kelas 4 mupel Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial tentang Transformasi Energi. Penguatan materi saya dapatkan dalam sesi Elaborasi Pemahaman yang diberikan oleh instruktur Ibu Henik Umi Koyum, pada hari Rabu tanggal 15 November 2023. Penerapan kompetensi sosial dan emosional (KSE) dalam pembelajaran melalui 4 indikator, saya membuat tugas RPP/modul ajar dengan memasukkan minimal 2 KSE yang akan diimplementasikan dalam pembelajaran. 

2. Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Hal yang belum saya kuasai dalam modul Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah cara membuat ide-ide kreatif dalam pembelajaran serta dalam kegiatan lain yang tidak membosankan bagi murid dan rekan sejawat, serta menerapkan kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal dan mendapat umpan balik yang positif dari lingkungan sekolah.

Yang akan saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah saya akan berusaha merancang sebuah pembelajaran yang terintegrasi dengan penguatan kompetensi sosial dan emosional secara berkesinambungan dengan menyampaikan rencana pengimbasan tersebut kepada kepala sekolah dan teman sejawat dan berkolaborasi agar mereka mengetahui rencana pengimbasan dan dapat membantu terlaksananya kegiatan sehingga tercapai tujuan Pembelajaran Sosial dan Emosional yang maksimal.

3. Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini?Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan.

Yang masih membingungkan saya dari pembelajaran sosial dan emosional adalah bagaimana Cara peningkatan kompetensi sosial dan emosional murid dan rekan sejawat setelah mendapat implementasi dan pengimbasan dari CGP dan membuat cara yang efektif untuk menerapkannya pada semua guru di sekolah agar mau memberikan pembelajaran yang terintegrasi dengan kompetensi sosial dan emosional di kelas.

Penerapan pembelajaran sosial dan emosional di kelas, diharapkan membuat pembelajaran yang berpusat pada murid untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara.

 

 Demikian Jurnal Refleksi Modul 2.2 saya buat dengan model Gaya Round Robin semoga bermanfaat bagi kita semua.

 

SALAM GURU PENGGERAK

TERGERAK

BERGERAK

MENGGERAKKAN


 







 

No comments:

Post a Comment

Silakan jika anda ingin komentar

Siswa Kelas IV SD Negeri Ketawangrejo Membuat Gatungan Kunci

Siswa Kelas IV SD Negeri Ketawangrejo Membuat Gatungan Kunci (19-3-2024) Mereka membuat gantungan kunci dari tali kor dan ring. SEMANGAT ...