Thursday, February 15, 2024

Menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem, Pendekatan Berbasis Kekurangan dan Pendekatan Berbasis Aset, Sejarah Singkat Pendekatan Asset-Based Community Development, dan aset-aset dalam sebuah komunitas.

Menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem, Pendekatan Berbasis Kekurangan dan Pendekatan Berbasis Aset, Sejarah Singkat Pendekatan Asset-Based Community Development, dan aset-aset dalam sebuah komunitas.

 

 

1.  Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka  faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?

Faktor biotik: Kepala Sekolah, Guru, Murid, dan seluruh Tenaga Kependidikan di sekolah. Faktor abiotik adalah sarana prasarana sekolah, Kurikulum sekolah, Pembiayaan Sekolah.

 

2. Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?

Kepala sekolah harus mempunyai kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, Kompetensi Kewirausahaan, Kompetensi Supervisi dan Kompetensi Sosial. Dengan penguasaan pada lima kompetensi tersebut maka seorang Kepala sekolah akan mampu mengelola ekosistem sekolahnya dengan baik.

 

3. Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah?

Kepala sekolah harus mempunyai kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, Kompetensi Kewirausahaan, Kompetensi Supervisi dan Kompetensi Sosial.

 

4.  Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?

Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang bisa menjadi teladan bagi seluruh warga sekolah, memenuhi kebutuhan peserta didik untuk mendukung pembelajaran, terbuka terhadap kritik, saran dan perubahan, mempunyai kemampuan manajerial yang baik dan menjadi pengayom bagi seluruh warga sekolah. Dengan demikian maka kepala sekolah akan mampu mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien.

 

5. Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini? Jelaskan!

Dampak fasilitas yang dimiliki sekolah adalah untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang berpihak pada murid agar efektif dan efisien. Dengan sarana prasarana yang lengkap, guru bisa menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dan bisa meningkatkan daya tarik pada murid untuk mengikuti pembelajaran, murid menjadi bersemangat dan tidak merasa bosan karena kegiatan pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dengan tersedianya media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan murid.

 

6.  Sejauh mana sumber daya sekolah yang kita miliki sudah kita gunakan secara efektif untuk mendukung kualitas pembelajaran di sekolah? Jelaskan!

Sumber daya sekolah dapat membantu guru menciptakan media-media pembelajaran yang menarik dan beraneka ragam untuk memfasilitasi berbagai preferensi gaya belajar murid, minat dan kebutuhan belajar murid.

 

7.   Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid?

Cara alternatif untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid adalah dengan melibatkan peserta didik untuk membuat media pembelajaran menggunakan sumber daya yang ada di sekolah.

 

8.   Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?

Sekolah sudah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar, misalnya pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk membaca peserta didik. Shalat berjamaah di mushola secara bergantian. Memanfaatkan sarana dan prasarana olahraga. Lingkungan sekitar juga bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran dimana murid bisa mendeskripsikan lingkungan sekolah.


1 comment:

  1. Mari bersama-sama belajar mewujudkan kepemimpinan pembelajaran yang mampu mengelola aset-aset secara optimal dengan tetap mengedepankan keberpihakan pada murid.

    ReplyDelete

Silakan jika anda ingin komentar

Siswa Kelas IV SD Negeri Ketawangrejo Membuat Gatungan Kunci

Siswa Kelas IV SD Negeri Ketawangrejo Membuat Gatungan Kunci (19-3-2024) Mereka membuat gantungan kunci dari tali kor dan ring. SEMANGAT ...